S1 Teknologi Pangan
Jln. Raya Jemursari 244. Surabaya.
Info: 081234506326 - 081233752227.
PIN BB: 53B4EFD8 - 2A1CE131

Kompas TV Ajak Tristar Institute BSD Syuting Bertemakan Molecular Gastronomy





Unik & Beda! Dessert atau hidangan penutup dengan nama “Deconstructed alinea” ini memiliki tampilan yang menarik. Tapi pernahkah terbayang suguhan manis ini dibuat langsung di atas meja tanpa adanya piring? Dessert mewah dengan sentuhan molecular gastronomy ini sengaja disuguhkan mahasiswa/i Tristar Institute BSD dalam acara Food Story yang tayang di Kompas TV. Bagaimana cerita seru mahasiswa Tristar Institute BSD ini saat syuting?



Tristar Institute BSD mendapat kesempatan menyajikan dessert “Deconstructed alinea” yang cukup unik dan berbeda dari dessert-dessert biasanya. Aksi mahasiswa/i Tristar Institute BSD yang didampingi Chef Valentinus selaku dosen pastry dalam menyajikan dessert langsung di atas meja tempat bersantap ini menjadi daya tarik sendiri.

Penyajian dessert asal Chicago yang ditayangkan oleh Kompas TV ini memang terdengar aneh, karena menggunakan teknik molecular gastronomy. Dimana, dalam bola cokelat diisi dengan aneka sponge cake, mousse dan meringue, lalu dituangi nitrogen cair.


“Metode gastronomi molekuler yang digunakan dalam membuat dessert ini cukup populer. Dengan penggunaan nitrogen cair yang dituangkan dalam bola coklat ini gunanya mempercepat proses pembekuan pada makanan. Sehingga adonan menjadi lebih cepat beku dan mousse pun bisa lebih cepat dinikmati, layaknya es krim” ungkap Chef Valen.

Ada yang cukup mengagetkan dari dessert cokelat ini. Sebelum dinikmati, cokelat tersebut disiram dengan sirup cokelat, mangga dan strawberry di sekeliling cokelatnya. Lalu, cokelat tersebut dipecahkan dan seisi meja jadi terlihat berantakan. Meski begitu, dessert ini tetap saja terlihat mewah.

Chef Valentinus (Kanan) diwawancarai oleh Team Kompas TV
Chef Valen pun menceritakan jika sajian Deconstructed alinea biasanya disajikan dalam jamuan fine dinning sebagai final dessert atau hidangan penutup terakhir dan dinikmati beramai-ramai. Ini terlihat menarik, mereka membuatnya penuh karya seni dan membutuhkan banyak waktu untuk mengoles bahan makanan ke meja, ungkapnya.

Aci (Kiri) & Faiz (Kanan) dari Kompas TV
Ditemui secara terpisah, team syuting dari Kompas TV yaitu Fais (cameramen) dan Aci (Production Assisten) mengatakan sengaja mengusung tema molecular gastronomy di acara Food Story karena di Indonesia, penerapan gastronomi molekuler terbilang masih baru. Praktis, di sini masih terbatas chef yang spesialisasi menekuni bidang ini, ataupun tempat yang menyajikan menu berbasis gastronomi molekuler. Sedangkan di manca negara, teknik ini telah berkembang pesat. Nah di Tristar Institute BSD, mahasiswa diajarkan materi gastronomi molekuler, Wah keren, ungkapnya.


Nah ingin lebih jauh lagi mempelajari dunia kuliner? Tristar Institute BSD menjadi satu-satunya tempat pendidikan yang bisa direkomendasi sebagai tempat memperoleh ilmu yang komprehensif mendalami pembuatan dan pengenalan produk kuliner yang lebih profesional. Yuk, belajar dan rasakan kenyamanan belajar dikampus Tristar Institute BSD-Serpong. *Upi




Info lebih lanjut hubungi atau datang di:
Ø  ‘Tristar Institute BSD’ – Serpong
Kompleks Ruko BSD sektor 7 Blok RL 31-33, Serpong – Tangerang
Telp 021-5380668 ; 081286358533
Pin 2A96E298
Email: tristarinstitutebsd@yahoo.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar